MENU UTAMA
Teknik Analisa
Cerita
Kasus Khusus
Kursus
Ulasan bagi org terkenal
 
FENGSHUI

Fengshui Interior
Fengshui Rumah Tinggal
Fengshui Bisnis
Fengshui Masa Depan (Yin)
 
ARTIKEL

Bazi

Ziwei

Fengshui
Cerita Kebijaksanaan
Peramalan
Penamaan
Hari Baik
 
LINK

CBN

Alam Hijau Lestari

 
AGENDA

 
<< BACK
ARTIKEL

SENDOK KELUAR

Dalam dunia fengshui, istilah sendok keluar sangat terkenal dan ditakuti, pasalnya keberuntungan dalam rumah bisa terlempar keluar dari dalam rumah sehingga rumah yang baik berubah menjadi rumah sial. Apakah perkataan seperti ini benar ? mari kita telusuri untuk mengetahui kebenarannya.

Suatu kali ketika mengunjungi keluarga seorang kerabat di luar kota, ibu kepala rumah tangga keluarga tersebut sedang sakit kanker tiroid, menurut seorang ahli fengshui yang pernah mengunjungi rumah tersebut, penyakit itu disebabkan oleh posisi dapur yang merapat ke dinding sisi kanan bagian belakang rumah, sehingga bila sedang masak sayur, sendokan centongnya akan mengarah ke luar. Kesimpulan seperti ini gambang dan tidak beralasan, karena ia tidak memperhitungkan bagaimana jika yang mamasak adalah kidal seorang ? Bukankah kalau ketentuan fengshui sesederhana itu, anak kecil berusia 3 tahun pun bisa menjadi ahli fengshui, bagaimana dapat menjadi sebuah ilmu yang tetap eksis salama ribuan tahun ? Dapur rumah tersebut memang mempunyai masalah, itu tidak salah, namun masalahnya bukan terletak pada sendok masuk atau sendok keluar, tetapi terletak pada posisinya tidak pada tempatnya.

Rumah tersebut menghadap ke utara dengan orientasi arah sekitar 345 derajat, dalam istilah fengshui disebut duduk Bing hadap Ren. Arah seperti ini adalah arah yang baik pada priode tujuh (1984 - 2003), dan sangat baik pada priode delapan (2004 - 2023), namun sayang, tata ruang dalam bangunan tersebut melanggar tiga hal yang fatal, yaitu posisi dapur yang salah, posisi pintu kamar tidur yang salah., dan letak sound sistim dan perangkat elektronik yang salah. Dari sini dapat kita tahu, bahwa sebuah bangunan dengan orientasi arah pintu utama yang sangat baik, fengshui rumah tersebut secara keseluruhan belum tentu baik, bangunan seperti itu biasanya menguntungkan hanya dari segi tertentu saja, tetapi merugikan segi lainnya, misalnya penghuninya kaya di segi materi, tetapi sakit-sakitan, buruk di segi kesehatan.

Ingat, definisi fengshui adalah seni manata ruang. Muka bumi ini adalah sebuah ruang yang sangat besar, di ruang yang besar ini berdiri bangunan-bangunan yang tertata rapi, masing-masing bangunan tersebut memiliki ruang-ruang mereka masing-masing, semua ruang-ruang yang ada harus ditata sedemikian rupa sehingga rapi dan efisien sehingga dapat memberikan energi qi yang kuat bagi seluruh makhluk hidup yang mendiaminya, di situlah ilmu fengshui berbicara dan menunjukkan fungsinya.

Penataan di luar banguan adalah akses jalan dan keseimbangan hunian dengan alam, itulah yang dimaksud gunung dan air dalam fengshui. penataan yang baik akan membuat hawa hidup timbul di mana-mana, membuat naga-naga bergeliat, membuat penghuni di sekitar itu makmur dan sejahtera. ( Ingat, istilah naga di sini hanya kata kiasan.) Dan penataan di dalam ruangan yang benar akan membuat sirkulasi energi qi bergerak memenuhi seluruh ruangan. Dalam hal ini, qi tidak sama dengan udara, tetapi keduanya saling mendukung, tanpa sirkuilasi udara yang baik, energi qi tidak dapat berfungsi dengan baik, sebaliknya udara yang bergerak terlalu kencang akan menimbulkan tiupan angin dalam ruangan, hal itu akan membuyarkan energi qi dalam ruang, itu juga tidak baik, jadi semuanya harus seimbang.

Selain sirkulasi udara, dua hal penting yang harus diperhatikan dalam penataan ruang dalam bangunan adalah pemetaan energi qi dan penempatan ruang sesuai dengan fungsinya, sehingga menciptakan akses kerja yang baik. Misalnya  daerah servis, dimana cucian, jemuran, dapur dan areal pembantu berada di belakang garasi, sehingga tercipta suatu garis kerja yang baik, dalam hal ini, garasi dan dapur harus berada di tempat yang benar agar qi baik dapat mengalir masuk lewat pintu garasi dan energi kayu dan api saling menghidupkan di dapur.

Kita kembali kepada rumah tadi. Itu adalah sebuah ruko yang pendek karena terpotong perlebaran jalan. Seluruhnya 4 laintai. Lantai pertama bagian depan dipakai untuk toko, tangga terletak di bagian tengah agak ke belakang, memotong hampir memenuhi tiga perempat lebar bangunan, dapur menempel di dinding kanan tombok bagian belakang. Bagian toko memperoleh energi qi yang sangat baik, membuat pemasukan mereka cukup baik, walau belum dapat dikategorikan kaya. Mulut masuk maupun keluar tangga juga baik, akses jalan dari depan ke mulut tangga membentuk kombinasi energi yang dapat meningkatkan ketenaran, ini sudah terbukti karena pemiliknya memang adalah salah satu tokoh masyarakat yang dekat dengan seni dan media cetak. Hanya sayang, posisi dapurnya berada pada tempat dengan energi yang dapat menyebabkan sakit.

Seluruh ruang depan lantai dua adalah ruang tamu, sound sistim dan TV berada di tengah menempel dinding tembok sebelah kiri, tempat tersebut adalah tempatnya bintang Jupiter yang tidak boleh diganggu, suara ribut auvi di sana telah membangkitan kekuatan jahat bintang Jupiter, membuat penghuni mudah mendapatkan kesialan. Dari tangga ke belakang adalah bagian cucian, itu tidak bermasalah.

Kamar utama di lantai tiga, menempati seluruh bagian depan bangunan. Ditinjau dari segi penempatan cukup baik, tetapi pintu masuk terletak di samping mulut tangga, tempat tersebut terdapat energi air, sedangkan energi yang tertangkap pintu kamar adalah energi sakit seperti keadaan di dapur. Energi sakit ini adalah tanah, termasuk trigram Kun, mewakili wanita tertua dalam bangunan tersebut, dalah hal ini adalah ibu rumah tangga, dia telah jatuh sakit. Energi sakit tanah yang tertangkap pintu menghantam energi air di situ, ia berada di lokasi trigram Qian, Oian adalah bagian kepala. Bagian wajah manusia yang bersifat air adalah kuping, kantong mata, lekuk bibir atas dan bagian bawah dagu dan pipi yang berpangkal pada leher, di situlah terdapat kelenjar tiroid yang juga bersifat air. Air yang tertekan memerontak dan menghidupkan kayu yang terbawa arus gerak dari tangga, maka terjadilah perang antara tanah-air-kayu-tanah, suatu siklus destruktif yang merugikan. Hubungan segitiga ini jalas sangat merugi air, tanah yang mengeruhkan air mengendap menjadi endapan, itulah benih kanker yang bersifat tanah. Jadi tidak mengherankan jika ibu dalam rumah tersebut sakit kanker tiroid.

Penyakit tersebut muncul pada tahun 2003, hal ini disebabkan pada tahun itu bintang sakit berada di depan pintu utama dan bintang Jupiter bergabung dengan bintang sakit diposisi dapur. Soal lantai 4 sudah tidak penting dan tidak usah dibahas lagi.

Jadi sekali lagi, sakit ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan centong masaknya yang mengarah keluar saat masak sayur.

© 2010 YUNXIANG FILOSOFIS All Rights Reserved Designed by Multinetmedia& Developed by KeluargaBesarDotNet